ads

12 Permainan Paling Menyenangkan Diwaktu Kecil

Permainan Waktu Kecil - Kalau lagi bete, gue sering banget ngebayangin dan mengingat masa kecil gue dulu yang keren abis!

Elu pun pasti pernah ngerasain hal yang sama, dimana masa kecil itu merupakan masa yang paling menyenangkan tanpa adanya beban pikiran!

Kenapa masa kecil itu masa yang paling menyenangkan?
Karena, yang ada di pikiran kita sewaktu kecil hanya lah sebatas hal yang bersifat ringan, dan selebihnya cuma tau main, main, dan main..

Gila, gue jadi pengen banget balik lagi ke masa-masa kejayaan gue waktu itu bray!

Ngomongin soal masa kecil..
Sebelumnya gue sempet nulis beberapa thread yang mengenang tentang masa kecil yang menyenangkan.


Kali ini, gue akan coba mengingat dan menuliskan thread yang sama tentang masa-masa indah dulu, diwaktu kita masih kecil.

Walaupun mungkin apa yang gue tulis ini gak semuanya bakalan sama dengan apa yang lo alamin waktu dulu..

Tapi setidaknya nya..
Tulisan gue kali ini bisa menghibur diri elu sendiri dengan cara mengingat dan membuka kembali memori indah ketika elu masih kecil dulu.

Kalau elu punya kenangan yang paling menyenangkan..
Elu bisa share dimari, dan akan gue masukin ke thread gue yang satu ini.


Jenis dan Permainan Paling Menyenangkan Diwaktu Kecil


Permainan Paling Menyenangkan Diwaktu Kecil
12 Permainan Paling Menyenangkan Diwaktu Kecil


1. Petak Umpet


Permainan petak umpet ini setau gue gak dibatasi jumlah pemainya..
Namun yang pasti.. dari sekian banyak pemain, hanya satu yang jadi penjaga.
Di daerah gue, penjaga tersebut disebutnya, "ucing".

Cara pemilihan penjaganya itu bray yang selalu bikin gue deg-deg an!
Soalnya, pemilihan penjaga itu gak melalui jalur yang demokratis!
Melainkan dengan cara di undi.. yang biasa kita kenal dengan istilah "Hompimpah".

Dimana kalau ada satu orang yang berbeda dengan yang lainya..
Maka dia lah yang bakalan jadi penjaga nya.
Tentu penjaga tersebut harus nyari sekian banyak orang yang ngumpet :'(

Aturan mainya mungkin disetiap daerah berbeda-beda..
Tapi tujuan nya tetep sama, yaitu nyari dan nangkep/nemuin orang-orang yang pada ngumpet.

Konyol nya.. yang ngumpet itu gak pandang bulu bray kalo udah ngumpet!

Ngumpetnya dimana aja, yang penting bisa ngumpet!

Ada yang naek ke atas pohon lah..
Masuk rumah orang lah..
Ngumpet di dalem tong lah..
Masuk kandang apa lah..
Masuk gorong-gorong lah..

Tapi yang paling kampret itu..
Ketika kita udah ngumpet bareng temen-temen lainya,
tiba-tiba kita disuruh nyari tempat ngumpet lainya!

Karena kalo ngumpetnya barengan..
Permainanya bakal cepet beres dan kurang seru.

Maka, cara lainya yang menurut gue paling geblek yang pernah gue lakuin adalah..
Gue ngumpet dibalik si penjaga!

Yoi bray! Doi (si penjaga) kan tutup mata tuh bray..
Nah, gue diem aja di belakang doi.

Selama beberapa saat setelah doi beres ngitung..
Gue ikutin aja gerakin doi.

Kebetulan gue hoki aja selama beberapa detik gak ketauan.
Begitu ketauan, gue tutup mulut doi! terus bilang,

"mau tau gak yang lain ngumpet dimana?"

Doi pun bilang mau.

"Kalo mau, ada syaratnya," timpal gue waktu itu.

Doi tanya apa syaratnya..
Gue pun bilang dengan sedikit alasan karena gue gak mau jadi penjaga gara-gara ketangkep duluan. Gue bilang,

Cari dulu satu orang dan sebut doi sebagai orang pertama yang tertangkap. Baru setelah itu, lo bisa tangkep gue. Kalau elu setuju.. gue kasih tau mereka pada ngumpet dimana.

Doi pun meng-iya kan..
Dan siasat gue berjalan dengan sempurna.. terhindar dari jabatan "penjaga".


2. Gatrik


Permainan ini sama kaya petak umpet..
Cuma menurut gue, permainan gatrik ini paling ngerepotin penjaganya.

Dimana aturanya..
Si penjaga harus menyusun (biasanya pecahan genteng) sampai bisa berdiri tegak selagi kita (yang harus dicari) ngumpet.

Nah, kampret nya..
Selagi penjaga nyari kita yang ngumpet.
Kita bisa bebas ngancurin itu susunan genteng, dan permainan pun akan semakin alot.

Walaupun agak menyulitkan penjaga..
Tapi kalau penjaga udah bisa nangkep satu orang.
Maka yang ketangkep itu harus ikut bantu nyari!

Atau paling enggak.. ya jagain itu susunan biar gak ada yang ngancurin lagi.


3. Lompat Tali


Untuk permainan lompat tali sendiri, gue gak terlalu mahir mainnya bray!

Lagian menurut gue waktu itu..
Permainan ini kurang maskulin buat cowok seganteng gue!

Memang nyatanya, permainan ini dominan di mainkan oleh para cewek waktu itu..
Tapi gak sedikit juga cowok yang ikutan main.
Jadi ganda campuran gitu deh bray.

Nah, kalo gue..
Lebih demen nonton bray!
Apalagi kalau lagi jam istirahat sekolah waktu dulu..

Gue paling rajin dan yang paling depan kalo nonton bray!
Soalnya seru bray! Apalagi kalau cewek yang lagi main lompat tali ini.

Kenapa coba bray?
Rok nya itu loh bray! Kemane-mane!
Semriwing dan sekelebatan ada bunga-bunga dibalik cingcat warna warni nya itu!


4. Lompat Balok


Permainan ini butuh keseimbangan tubuh bray! belum capek juga bray.
Soalnya kita kudu lompat-lompat dengan satu kaki di angkat, dan gak boleh nyentuh tanah.
Gue kurang bisa mainin ini permainan bray, baru aja tiga langkah, udah jatoh :'(

Yang jelas, gue belum pernah namatin ini permainan bray :'(

Kalau sekarang disuruh main pun.. belum tentu gue bisa dengan berkaca pada sejarah kelam gue yang selalu jatuh melulu waktu mainin ini permainan lompat balok.

Karena itu, gue kurang tau detail permainan dan aturan mainya kaya gimana.


5. Kelereng/Gundu


Ini nih bray! selain main, kelereng pun biasanya di koleksi juga bray.

Lucunya.. dari sekian banyak kelereng yang kita punya.
Pasti ada satu kelereng yang jadi andalan kita.

Entah apa alasanya, gue juga masih bingung.
Biasanya.. sehabis main kelereng pasti saku celana isinya penuh sama kelereng semua bray!


6. Egrang


Nah ini die bray! permainan yang sampai sekarang pun gue bener-bener gak bisa maininnya!

Udah puluhan kali gue nyoba cuma buat berdiri doang..
Gue gak pernah bisa dan selalu jatuh bray :'(

Emang gue kurang berbakat kalau dikasih permainan yang butuh keseimbangan tubuh bray.

Elu sendiri gimana bray?
Bisa gak main beginian?


7. Balap Karung


Ini yang paling gue demen dari sekian banyak permainan bray!
Soalnya permainan ini keitung ekslusif bray..

Yoi! Biasanya cuma ada pas kita ngerayain hari kemerdekaan bangsa yang kita cintai ini bray!

Paling seru tuh..
Kalau lintasan balap nya agak berdekatan bray.
 
Apalagi kalau satu kesenggol dan terus jatuh..
Itu yang jatuh gak mau rugi dan berusaha jatuh tepat disamping sainganya.
Hingga akhirnya sainganya pun ikut jatuh.

Biasanya juga.. yang berhasil sampe itu cuma 3 dari 10 pembalap bray!

Saking kerasnya trek yang dilalui ditambah adanya perseteruan antara para pembalap satu dengan yang lainya, membuat alur permainin ini semakin greget bray!

Belum lagi hiruk pikuk dan suara gaduh para penonton yang nyemangatin..
Walaupun kebanyakan dan kenyataanya cuma ngetawain, tapi justru itu lah yang membuat suasana permainan balap karung ini semakin seru!


8. Balap Bakiak


Ini die permainan balapan paling greget menurut gue kalo lagi Agustusan bray!

Soalnya butuh lebih dari satu orang untuk bisa mengendarai sendal super panjang yang biasanya terbuat dari kayu balok ini bray.

Asli bikin sakit perut ini balapan!

Apalagi kalau aturanya dibikin kebalik..
Dimana cowok harus pake daster, dan cewek harus pake sarung buat bisa ikut ajang balapan ini.

Pokoknya.. bener-bener membutuhkan kekompakan yang solid banget ini bray!

Satu aja bikin kesalahan dalam melangkah, jatuh lah kita :'(

Apalagi kalau jatuhnya ke arah depan..
Kasian yang depan nanggung beban orang-orang yang ada di belakang doi.
Jatuh nya pun cukup dramatis bray :'(


9. Balap Makan Kerupuk


Ini permainan balap makan kerupuk.. selain bikin kesel, bikin kenyang juga bray!

Gimana gak kesel coba..
Itu kerupuk digantung pake tali, dan kita gak diperbolehkan megang kerupuknya :'(
Jadi harus langsung di makan pake mulut.

Asli ngeselin! Apalagi kalau diruangan terbuka, kan banyak angin nya bray..

Udah tau kerupuk itu ringan.. kena angin dikit aja, kerupuknya goyang-goyang.
Udah macem anjing laut aja kita lompat-lompat, meliuk-liuk mencoba menyantap kerupuk yang gak kena-kena selama beberapa menit.

Kadang sampai gak sadar kalau kita udah nganga terlalu lama..
Hingga air liur pun menetes gak karuan :'(

Anjir dah ini permainan paling kampret yang pernah gue mainin.

Tapi dibalik itu semua..

Ini permainan justru melatih dan mengajarkan kita kesabaran serta memberikan kita pelajaran,

Kalau mau makan itu gak gampang! Harus berusaha keras biar perut bisa kenyang.


10. Gigit Koin


Ini die bray permainan seru lainya..
Dmana uang koin ratusan perak ditancepin di buah (biasanya buah sukun kalo di daerah gue).

Selain itu..
Itu buah di olesin oli yang bakalan membuat medan pertempuran mulut itu jadi licin sekaligus berasa sepet-sepet pait gak karuan.

Seru nya.. ini permainan dijadiin rebutan sama banyak orang bray!

Jadi siapa cepat dia dapet bray!
Alhasil dan terkadang tanpa sengaja..
Kita beradu mulut sama sesama jenis :'(

Anjir.. anjir! Geli gue bray kalo dibayangin :'(
Belum lagi mulut kita penuh dengan oli.


11. Perang Bantal


Greget permainan ini bray!

Setingan arenanya biasanya berada di atas kolam..
Dan pertarunganya dilakukan dengan cara duduk diatas bambu.

Kalo kebetulan lawanya pernah bikin kita kesel..
Ajang ini bisa dijadiin pelampiasan bray!

Apalagi kalau lawan kita udah abis digebukin pake bantal terus jatuh ke dalam kolam..
Rasanya itu bray.. puas banget bray!

Ketawa pun lepas banget!
Sampai-sampai kita gak sadar..
Tubuh pun mulai gak seimbang, dan akhirnya ikutan jatuh juga ke dalam kolam.
Eh di dalam kolam, kita masih aja digebukin :'(


12. Panjat Pinang


Ah permainan ini mah elu semua juga udah pada tau bray. Ya kan?

Gue udah nyerah ikutan ginian bray!
Berjam-jam gue nyoba naik..
Gak pernah sampai!

Meluknya aja susah..
Apalagi nyampe tengah itu pohon :'(

Nyerah gue bray maen ginian!
Melorot mulu :'(

Malah setiap kali ada yang mau sampai..
Celananya di pelorotin :'(
Setan dah tuh orang! Gak bisa liat orang sukses dikit napa?!


Masih banyak sebenernya permainan menyenangkan lainya diwaktu kita masih kecil seperti :

  • Congkak,
  • Gobak sodor,
  • Tarik tambang,
  • Bekles juga kan bray?
  • Dan masih banyak lagi.

Namun sayang..
Seperti isi thread gue ini.
Sebagian gue udah lupa nama permainanya apa :'(

Lupa karena kita udah jarang nemuin anak-anak jaman sekarang mainin permainan kaya gitu..

Sekarang semuanya udah tergantikan dengan teknologi..
Dimana permainan bisa dimainkan hanya dengan ngandelin jempol dan jari tangan tanpa harus mengeluarkan banyak keringat.

Seperti yang udah gue sebutin sebelumnya..
Mungkin jenis dan permainan yang gue sebutin diatas bisa berbeda dengan elu.
Karena setiap daerah punya versi nya masing-masing, namun tujuanya tetep sama.

Bhineka Tunggal Ika banget kan kita waktu dulu bray?
Biarpun beda..
Tapi kita sama!
Sama-sama bangsa Indonesia!

(Nyambung gak sih bray?)

Posting Komentar